Posted: 30 Juli 2013 04:16:00 by Heni Pratiwi BeritaNet.com | Dilihat 22097 kali

Phablet merupakan istilah gabungan Phone (ponsel) dan Tablet. Definisi dari tablet maupun smartphone sendiri, pasti banyak yang sudah tahu. Tablet adalah device / gadget yang mepunyai antarmuka berupa layar sentuh, dan biasanya berukuran 8.9 sampai 10 inchi. Biasanya tablet tidak mepunyai fitur untuk menelpon atau berkirim sms. Contohnya seperti iPad, Samsung Galaxy Tab, Motorola Xoam dan sejenisnya.

Sedangkan phone / smartphone modern, adalah dengan fitur panggilan telepon, sms, browsing web dan sebagainya. Biasanya memiliki ukuran layar bervariasi, dari 3 inchi sampai 5 inchi. Contohnya Samsung Galaxy Mini, Motorola RAZR dan produk sejenis. Dari namanya sejenis, phablet merupakan gabungan antara kata phone dan tablet. Jadi phablet merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan device / gadget yang mengkombinasikan kemampuan yang dimiliki oleh smartphone dan tablet. Phablet biasanya berukuran lebih besar dari smartphone, namun lebih kecil dari tablet.

Ukuran layarnya bervariasi antara 5 - 7 inchi. Phablet juga mempunyai fitur yang dimiliki oleh smartphone seperti voice calling, walaupun ukuran layarnya besar menyerupai tablet. Salah satu dari ciri - ciri phablet (walaupun tidak mutlak) adalah adanya stylus pen, yang bisa digunakan untuk membuat sketsa atau menulis sesuatu pada phablet.

Adapun device yang pertama kali diakui sebagai phablet adalah Dell Streak yang keluar pada tahun 2010-an. Dan contoh - contoh phablet yang beredar di pasaran sekarang seperti Samsung Galaxy Note, LG Optimus Vu Panasonic Eluga Power. Kata "phablet" pertama kali digunakan di situs teknologi di Engadget dan Forbes. Kata phablet juga ingin dipatenkan oleh LG Electronics, walaupun keputusan finalnya belum dipastikan.


Komentar Anda

Artikel terkait