Posted: 05 Juli 2013 11:53:00 by Heni Pratiwi BeritaNet.com | Dilihat 6107 kali

Apa sih Blu-ray itu?

Blu-ray sebagai sebuah format DVD masa depan mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup besar, untuk single layer Blu-ray berkapasitas 25 GB, sedangkan untuk dual layer mampu menampung hingga 50 GB. Data pada Blu-ray ini tersimpan pada kedalaman 0,1 mm dengan dilapisi lapisan anti-gores yang akan menjamin keamanan data dari segala jenis garesan yang mungkin terjadi dan dapat merusak data.

Untuk standarisasi video, Blu-ray mempergunakan standart encoding  video (MPEG-2, MPEG-4, VC1). Sedangkan untuk standart audio, Blu-ray mempergunakan Dolby, DTS, dan seterusnya. Encoding untuk film dijalankan pada ukuran 1920 dan 1080 dengan frame 24 fps (frame per second). Untuk panjang gelombang laser biru yang dipakai adalah 405 nm yang mampu mengecilkan gambar hingga 720p (resolusi 1280x720). Selain itu Blu-ray juga mampu memfokuskan sinar laser secara lebih pendek sehingga data dapat tersimpan dengan lebih rapat.

Blu-ray juga mempunyai keistimewaan dalam hal ketajaman dan kehalusan gambar serta suara yang dihadirkan. Setidaknya hal ini terlihat dari maksimal bit rate Blu-ray yang mencapai 48 Mbit/detik. Ini berarti Blu-ray lebih dapat menjamin kualitas video yang disajikan jika dibandingkan dengan HD-DVD yang hanya terbatas pada bit rate 30,24 Mbit/detik.  Berdasarkan fakta-fakta tersebut di atas, maka sangat wajar apabila akhirnya Blu-ray mampu menjadi format tunggal untuk format High Definition Video. Dalam segala macam persaingan pun pada akhirnya hanya yang terbaik yang akan bertahan, begitu pula Blu-ray yang akhirnya dapat membuktikan supremasinya dalam hal teknis.


Komentar Anda

Artikel terkait