Posted: 28 Januari 2013 16:00:12 by valen BeritaNet.com | Dilihat 2119 kali

Kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang memadai dan terarah dewasa ini mutlak harus dikuasasi oleh siswa agar mereka siap dalam hidup di era cyber space dan menghadapi tantangan kompetensi global yang akan berdampak pada kehidupan mereka.  Selain telah menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa SD, TIK juga memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu bentuk nyata dari perwujudan visi dan misi Universitas Sanata Dharma adalah kehadirannya membawa pencerahan di tengah masyarakat termasuk masyarakat di seputar kampus melalui kegiatan pengabdian masyarakat. SD Neegeri Timbulharjo adalah SD Negeri terdekat dari Kampus III USD Paingan. Minimnya fasilitas laboratorium komputer dan akses internet mengakibatkan belum memadainya kemampuan siswa dalam bidang TIK.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Program Studi Teknik Informatika melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat Program Unggulan (PKM-PU) mencoba membantu mengatasi masalah yang dihadapi para siswa di SD Timbulharjo melalui pelatihan TIK: Berkreasi menggambar dan Mewarnai dengan Microsoft Paint. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Oktober 2012 di Laboratorium Basis Data Teknik Informatika ini merupakan awal kegiatan PKM-PU. Hadir dalam pelatihan tersebut  sebanyak 65 siswa kelas V dan VI.  Dilihat dari target peserta, jumlah ini jauh di atas peserta yang diharapkan, yaitu hanya 40 siswa. Antusiasme siswa juga terlihat seperti yang dikatakan oleh Septi Nur Rahmawati,  “Walaupun saya tidak punya komputer di rumah, saya selalu ke warnet untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah dan saya diajari oleh kakak saya.”  Nur, begitu biasa dia disapa juga merasa senang bisa belajar paint. “Saya belum bisa pakai Paint, tapi saya senang sekali bisa menggambar dan mewarnai dengan komputer.  Kalo bisa pelatihan seperti ini diadakan lagi biar aku bisa ikut terus dan bermain dan berkumpul bersama dengan teman-taman.”  begitu kata Nur saat ditanya tentang kesannya mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan Berkreasi Menggambar dan Mewarnai Menggunakan Microsoft Paint dipandu oleh para dosen Teknik Informatika, yaitu: Ibu Sri Hartati Wijono, S.Si., M.Kom, Bapak Eko Hari Parmadi, S.Si., M.Kom, serta Ibu Ridowati Gunawan, S.Kom., M.T.  didampingi oleh beberapa asisten dan panitia yang semuanya para mahasiswa teknik informatika.  Bagi Vinda, Danik, Orin, Benny, Intan dan Elsa, kegiatan pengabdian kali ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan sangat menyenangkan.  Selain harus sabar menuntun dan mendampingi siswa dalam menggunakan komputer untuk menggambar dan mewarnai, mereka juga senang bisa turut terlibat mencerdaskan generasi muda lewat pelatihan ini.  Dari pihak Sekolah sendiri, Ibu MM Suyatini, S.Pd selaku Kepala SD Timbulharjo sangat mengharapkan agar kerjasama dan kegiatan seperti ini terus berlanjut, baik melalui pelatihan bagi siswa maupun juga bagi para guru. 

Kegiatan PKM-PU ini dibiayai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sanata Dharma dan Program Studi Teknik Informatika terus akan dilaksanakan dalam bulan Oktober dan November 2012 setiap hari Jumat Pukul 13.00-15.00 WIB dengan berbagai pelitan seputar TIK dan Internet. Semoga kegiatan PKM-PU ini mampu membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar khususnya bagi siswa SD Timbulharjo Maguwoharjo, Depok Sleman.  Ke depan tentu saja, pelibatan orang tua siswa, guru, siswa maupun masyarakat sekitar sebagai subjek layanan perlu menjadi perhatian demi mewujudkan kampus cerdas di tengah kampung cerdas.

 

Sumber: www.usd.ac.id


Komentar Anda

Artikel terkait